Mega Proyek Bakal Dongkrat Ekonomi Purworejo

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pembangunan mega proyek di wilayah Kabupaten Purworejo dan sekitarnya diyakini bakal mendongkrak perekonomian masyarakat Purworejo. Yakni pembangunan Bandara Udara Internasional di Kabupaten Kulonprogo yang berbatasan dengan Purworejo, Waduk Guntur di Kecamatan Bener, dan Badan Otorita Borobudur (BOB) yang melibatkan wilayah Kecamatan Loano, Bener, dan Kaligesing.

Mega proyek ini dinilai mampu memberi peluang besar terhadap penyerapan tenaga kerja muda dan trampil sehingga diharap Purworejo mampu menyiapkan sumberdaya manusia (SDM) untuk menangkap peluang itu. “Ini harapan besar jika kita mampu menangkap peluang itu untuk menyiapkan SDM,” kata Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Rabu (16/09/2020).

Saat berbicara di hadapan para kepala SMK se-Kabupaten Purworejo di Hotel Ganesha, Agus Bastian berharap para lulusan SMK di Purworejo nantinya bisa diterima bekerja di ketiga bidang itu. SMK lanjut Agus Bastian, harus tanggap untuk membuka jurusan yang dibutuhkan untuk kebutuhan tiga mega proyek ini, termasuk bidang kepariwistaan.

“Keberadaan pariwisata menjadi penting ketika banyak pendatang di suatu wilayah. Ini juga harus ditangkap Puworejo,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menambahkan, bahwa keberadaan SMK yang kini dibawah kewenangan Pemerintah Provinsi, bukan berarti pemerintah daerah tidak boleh terkait sama sekali. “Pemerintah daerah tetap berkoordinasi dengan SMK untuk menjalin komukasi dan perkembangan pendidikan ditingkat SMA dan SMK di Purworejo,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI