Mega Proyek Bendungan Bener Masih ‘On The Track’

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Realisasi pembangunan Bendungan Bener di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo mencapai 3,4 persen. Pembangunan fisik infrastruktur strategis nasional di Sungai Bogowonto itu masih ‘on the track’ dan ditargetkan selesai pada tahun 2023.

Realisasi meleset 0,1 persen dari target 3,5 persen yang ditetapkan untuk pertengahan Oktober 2020. “Untuk tahap awal kita masih melandai karena memang belum sampai ke inti atau main dam. Inti bendungan juga belum disentuh karena masih menunggu negoisasi di November 2020, kita turun ke lapangan berkomunikasi dengan warga, sehingga proses itu dapat terlaksana dengan baik dan tidak ada yang dirugikan,” terang Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) Dwi Purwantoro, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, saat mengunjungi lokasi pembangunan di Desa Guntur Kecamatan Bener bersama Asisten Deputi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Ir Rahman Hidayat ST MEng, Rabu (14/10/2020).

Menurutnya, progres pembangunan baru akan terlihat ketika bangunan inti bendungan mulai dikerjakan. Saat ini, lanjutnya, kontraktor masih mengerjakan akses jalan masuk dan persiapan spillway di sisi kiri dan kanan bendungan.

Dwi optimis pembangunan selesai sesuai target terlebih karena pekerjaan konstruksi bendungan dapat dilaksanakan pada segala cuaca. Konstruksi inti Bendungan Bener berbeda dengan waduk lainnya yang menggunakan campuran pasir, tanah, batu kemudian dipadatkan.

BERITA REKOMENDASI