Megawati Resmikan Patung Bung Karno dan Beri Kuliah Umum di Akmil

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Melakukan kunjungan ke Akademi Militer (Akmil) Magelang, Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Presiden RI I Ir Soekarno yang ada di Main Hall Akmil Magelang, Jumat (7/2/2020). Dalam kunjungan yang didampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Ketua DPR RI Puan Maharani, Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika Perkasa maupun lainnya, Megawati Soekarnoputri juga menyampaikan kuliah umum kepada Taruna dan Taruni Akmil di Gedung Moch Lily Rochli Akmil.

Kunjungan Megawati Soekarnoputri ini sempat diwarnai hujan cukup lama, bahkan hingga rangkaian acara selesai. Meskipun demikian seluruh rangkaian acara tetap berlangsung. Ini seperti terlihat pada penampilan drama kolosal berkaitan dengan petikan sejarah perjalanan Militer Academi dari masa ke masa yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila Akmil. Meskipun hujan deras mengguyur, drama ini tetap berlangsung. Penampilan drumband Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) Akmil juga ikut menyemarakkan rangkaian acara.

Gubernur Akmil diantaranya mengatakan dengan keberadaan patung Ir Soekarno di dalam Kesatrian Akmil ini dimaksudkan sebagai simbol untuk menghormati dan mengabadikan perjalanan perjuangan bersejarah Sang Proklamator, sekaligus tokoh Founding Father Bangsa Indonesia, sebagai panutan dan teladan bagi Taruna dan Taruni sebagai calon pimpinan TNI AD dan TNI masa depan, sehingga para Taruna dan Taruni akan mengetahui tokoh nasional benar-benar berjuang dan bertekad untuk mempersiapkan para penerus bangsa di masa yang akan datang.

Megawati Soekarnoputri diantaranya mengatakan anak-anak muda Indonesia jangan melupakan sejarah. “Sejarah itu merupakan sejarah kita. Apakah itu baik atau itu buruk, tetap sejarah bangsa. Jadi harus terukir di dalam seluruh perjalanan bangsa kita. Untuk itulah maka kita akan bangga sebagai warga Bangsa Indonesia,” katanya.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada wartawan usai acara peresmian patung Bung Karno diantaranya mengatakan pihaknya memberi apresiasi dan penghargaan kepada Kasad dan Gubernur Akmil yang merintisnya. Juga dikatakan, Kementerian Pertahanan RI juga memiliki rencana membuat patung Bung Karno berada di atas kuda. Pada saat ulang tahun Angkatan Perang I atau HUT TNI I, Presiden RI Ir Soekarno sebagai Panglima Tertinggi melakukan inspeksi pasukan atau menjadi Inspektur Upacara (Irup) di atas kuda. Ini merupakan fakta sejarah yang ingin diabadikan untuk generasi penerus. “Kemhan nanti akan punya patung Bung Karno di atas kuda,” katanya. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI