Melintas Tanpa SIKM, Kendaraan Pemudik Diputar Balik

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Aparat gabungan yang berjaga di pos pengamanan terpadu batas Jateng – DIY di rest area Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, bersikap tegas terhadap para pemudik. Mereka yang kedapatan akan balik ke Jakarta dan kota-kota lain di sebelah barat, akan diminta memutar balik.

Perwira Pengendali Pospam Dadirejo Ipda Muslim Hidayat SPd mengatakan, petugas mengecek kelengkapan surat kendaraan dan identitas pengendara. “Kalau sekarang arus balik, mengingat ada kebijakan tidak boleh kembali ke ibu kota, maka kita periksa apakah mereka punya Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Jika tidak ada SIKM, diminta putar balik,” tegasnya kepada KRJOGJA.com.

Pos perbatasan itu memantau kendaraan 24 jam. Untuk pengguna jalan warga Purworejo yang bukan pemudik atau yang pergi ke Yogyakarta karena pekerjaan, tetap diberhentikan untuk pemeriksaan kesehatan.

Apabila suhu tubuh normal dan tidak ada gejala sakit, petugas Puskesmas Bagelen memberikan surat keterangan dan menyarankan warga untuk isolasi mandiri 14 hari. Seandainya ada keluhan, katanya, akan diarahkan ke Puskesmas Dadirejo untuk pemeriksaan lanjutan.

BERITA REKOMENDASI