Melukis Energi Pendopo Pengayoman Temanggung

TEMANGGUNG (KRJOGJA.COM) – Menutup pameran lukisan dan ulang tahun komunitas Cah Temanggung Kreatif (Catek) yang ke-31, sekitar 30 pelukis dari Bali, Jakarta, Temanggung dan pelukis dari daerah lain, melukis bersama di Pendopo Pengayoman Temanggung, Minggu (23/2).

Panitia melukis bersama Komunitas Catek, Faisal Budi Harso, mengatakan, tidak semua peserta pameran bisa ikut kegiatan melukis bersama sebab pada saat yang bersamaan, sejumlah pelukis juga mengikuti pameran lukisan di Yogyakarta.

” Melukis bersama diikuti pelukis dari Jakarta, Yogyakarta, Ambarawa, Grabag, Borobudur, dan Bali. Pelukis lainnya tidak bisa datang karena ada pemeran di Yogyakarta, “kata Faisal.

Dia mengatakan seniman lukis menuangkan apa yang ada dalam hati, pikirkan, dan menjadi gagasannya serta yang dilihat di sekitar Pendopo Pengayoman. Media lukis yang digunakan seperti di kanvas atau kertas.

” Bagi pelukis, yang terpenting pada hari ini adalah membangun suasana guyub rukun di Temanggung,” katanya.

Terkait pameran lukisan yang sudah berlangsung sejak Rabu (19/2), disampaikannya banyak pecinta lukis, dan masyarakat umum, yang datang untuk menikmati pameran. Sejumlah lukisan juga laku terjual yang diantaranya karya Bagus Triyono yang terbeli seorang kolektor dengan harga Rp 20 juta. ” Bagus sendiri menuangkan imajinasi surealismenya pada lukisan berjudul ‘Persembahan’,” katanya.

Dikatakan, sejumlah lukisan diinformasikan masih dalam proses negosiasi harga dengan para kolektor lukisan.

Seorang pelukis dari Yogyakarta, Chamid Arang mengatakan, pada kegiatan melukis bersama itu dirinya melukis energi yang ada di sekitar Pendopo Pengayaman. Hal itu berdasarkan pembacaan imajinernya, lalu dituangkan dalan lukisan.

” Energi di sekitar Pendopo Pengayoman sangat bagus. Saya mencoba menuangkannya dalam lukisan,” kata Chamid sembari mengatakan kegiatan melukis bersama sebagai sesuatu yang positif sebab  menciptakan dan membangun kebersamaan, guyub rukun antar seniman dari berbagai daerah. (Osy)

BERITA REKOMENDASI