Memperingati Hari Tani Nasional 2021, Petani Tembakau Berkirim Pesan ke Presiden Joko Widodo

TEMANGGGUNG, KRjogja.com – Memperingati Hari Tani Nasional 2021, petani tembakau berkirim pesan ke Presiden Joko Widodo, Jumat, 24 September 2021. Pesan ke mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo itu berisi harapan petani tembakau untuk membantu memperjuangkan petani dalam peningkatan kesejahteraan.

Ketua Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (DPN APTI) Agus Parmuji mengatakan memperingati Hari Tani Nasional 2021 tidak upacara seremonial. “Hari Tani Nasional petani tembakau justru tengah konsentrasi mengolah tembakau menjadi rajangan kering tapi kami punya pesan pada Presiden Joko Widodo,” kata dia.

Dia mengatakan pesan didasarkan kenyataan bahwa petani tembakau terus terpuruk dalam beberapa tahun terakhir. “Hasil budidaya tembakau berkesudahan merugi. Petani tembakau tiap tahun menumpuk hutang. Tahun ini kembali merugi, regulasi dan tata niaga tidak menguntungkan petani,” kata dia.

Presiden Jokowi harap dia, antara lain harus memperbaiki regulasi terkait pertembakauan dan mampu mendorong perusahaan rokok untuk membeli habis tembakau rakyat dengan harga menguntungkan.

“Selamatkan tembakau, selamatkan ekonomi petani tembakau,” kata dia.

Dia menerangkan negara dengan menyelamatkan tembakau dan petani merupakan sebagian dari bentuk kedaulatan ekonomi kerakyatan.

BERITA REKOMENDASI