Mencegah Pemanasan Global dengan Penghijauan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ada beberapa kegiatan yang dilakukan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam upaya menjaga ketersediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan generasi mendatang, salah satunya berupa penanaman pohon konservasi di areal sumber mata air yang ada di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Magelang. Ini seperti yang dilakukan di sekitar sumber mata air yang ada di Dusun Giyombong Desa Surodadi Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, Sabtu (30/01/2021).

Penanaman pohon tidak hanya dilakukan Bupati Magelang, tetapi juga oleh Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah IX Ir Slamet Rohadi MP maupun lainnya. Di tepi jalan menuju sumber mata air juga dilakukan penanaman berbagai jenis pohon.

Usai melakukan penanaman, Bupati Magelang mengatakan wilayah Kabupaten Magelang merupakan daerah pegunungan. Bersama Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, camat dan kepala desa maupun lainnya diupayakan untuk menggiatkan kembali melakukan penanaman tanaman konservasi.

“Ini dilakukan diantaranya juga untuk menghadapi pemanasan global atau global warming. Persiapan diri dilakukan dan berjaga untuk generasi mendatang, diantaranya dengan dilakukan penanaman tanaman atau pohon, khususnya untuk konservasi,” jelasnya.

Hampir setiap minggu dilakukan kegiatan penanaman, baik di lahan milik masyarakat maupun di lahan milik Perhutani. Diharapkan dari hulu hingga hilir pasokan air bersih tidak berkurang, dan kebutuhan masyarakat tentang air bersih tetap akan terpenuhi terus.

Slamet Rohadi menambahkan dalam kegiatan penanaman atau tanaman konservasi dan tanaman yang memiliki nilai ekonomi. Menanam tidak hanya untuk melindungi, tetapi ada yang dapat dimanfaatkan dalam waktu dekat, baik berupa tanaman buah-buahan maupun tanaman yang dapat diambil kayunya seperti sengon, mahoni maupun lainnya. “Jadi tidak ada ruginya kita selalu menanam pada kapanpun dan saat apapun, terutama di musim hujan,” katanya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI