Menekan Angka Perokok Kalangan Usia Remaja

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Edukasi mengingatkan masyarakat berkaitan dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) dilakukan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang), Sabtu (30/05/2020). Dengan Edukasi ini diharapkan dapat menekan angka perokok di tanah air, khususnya dari kalangan usia muda.

Ketua MTCC UM Magelang Retno Rusdjiati mengatakan upaya menekan jumlah perokok anak menjadi tanggungjawab bersama, baik pemerintah dan masyarakat. Karena itu, semua program kerja kementerian harusnya sinkron dengan upaya penurunan jumlah perokok anak.

“Jadi, bukan hanya melakukan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat, namun juga diperlukan peraturan yang kuat dan penegakan hukum yang tegas,” kata Retno Rusdjiati.

MTCC UM Magelang terus mendorong kepala daerah untuk menetapkan dan menegakkan regulasi Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR). Apalagi di masa pandemik Covid-19 ini, perda menjadi kampanye kepada masyarakat akan bahaya asap rokok dan akibat buruknya pada penurunan ketahanan tubuh dalam antisipasi virus.

Dikatakan, HTTS tahun 2020 ini tema globalnya menyoroti ‘Perlindungan Anak dari Manipulasi Industri dan Penggunaan Rokok serta Nikotin’. Selanjutnya MTCC UM Magelang mempertajam topik HTTS dengan ‘Lawan Covid 19 dan Intervensi Industri Rokok Melalui Budaya Tanpa Tembakau di Kalangan Generasi Muda’. “Tujuan kami memang menciptakan generasi muda yang sehat dan cerdas,” kata Retno Rusdjiati.

Edukasi kepada masyarakat dilakukan di 8 lokasi wilayah Kota Magelang dan Kabupaten Magelang dengan berbagai rangkaian kegiatan. Lokasi edukasi tersebut diantaranya di Secang, Jl Pemuda Kota Magelang, Pakelan Mertoyudan maupun lainnya.

Edukasi juga dilakukan di Kampus 1 dan Kampus 2 UM Magelang dalam bentuk pemasangan spanduk, yang didalamnya juga tertulis tema kegiatan HTTS tahun 2020. Sabtu nanti malam juga dilaksanakan gelar budaya amal Muhammadiyah dengan virtual. Beberapa tokoh budaya dan tokoh Muhammadiyah berorasi, share film, share puisi. (Tha)

BERITA REKOMENDASI