Mengaku Wartawan, Mencoba Peras Pejabat

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Aksi penipuan terhadap para pejabat dengan mengaku sebagai wartawan kembali muncul di Kabupaten Purworejo. Namun sejumlah pejabat berhasil mengelak setelah menghubungi sejumlah wartawan yang bertugas di Purworejo.

Dalam aksinya pelaku mengaku bernama Yudi dari Radar Pos. Pelaku mengirim SMS ke sejumlah pejabat, meminta agar membantu salah satu wartawan bernama Didik yang akan operasi tumor paru-paru di Rumah Sakit Kariadi Semarang. Pelaku meminta calon korban untuk menstransfer uang ke nomor rekening BRI  000901020058530 atas nama Didik Purwanto.

“Karena mencurigakan, saya mencoba konfirmasi dulu kepada rekan-rekan wartawan, tapi pengirim SMS langsung marah-marah dengan kata-kata kotor,” kata Asisten Sekda Bidang Hukum dan Pemerintahan Sekda Purworejo Drs Murwanto, Kamis (8/9).

Hal yang sama juga diakui Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dinhubkominfo) Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi dan Kepala Bidang PAUD Non Formal Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dindikbudpora) Gita Yuristiana.

Koordinator PWI Purworejo Nur Kholiq berharap agar pejabat atau siapa saja yang mendapati oknum seperti ini agar tidak mudah percaya. “Sebelumnya, aksi penipuan dengan modus yang sama juga pernah terjadi di Purworejo. Namun sejumlah pejabat yang menjadi sasaran langsung berusaha konfirmasi kepada yang berkepentingan, dan ternyata tidak benar,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI