Meningkatkan Persatuan Bangsa Perlu Komitmen Bersama

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia yang selanjutnya disingkat FPBI merupakan wadah berhimpunnya segenap komponen bangsa yang berwawasan kebangsaan dengan semangat patriotisme dan menghormati kemajemukan Bangsa Indonesia.

"Forum ini sebagai upaya membangun komunikasi yang sehat, empati, anti diskriminasi dan anti kekerasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Wakil Wali Kota Magelang Dra Windarti Agustina dalam rapat koordinasi dan pembekalan calon pengurus FPBI Kota Magelang di aula Badan Kesbangpol Kota Magelang, Kamis (05/10/2017).

Wakil Walikota Magelang, yang juga sekaligus Ketua Pembina FPBI Kota Magelang, juga  mengatakan diperlukan adanya komitmen seluruh komponen masyarakat dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. “Sebagai langkah nyata maka perlu diselenggarakan forum pembauran kebangsaan di daerah yang merupakan bagian penting dari kerukunan nasional,” katanya.

Juga ditegaskan agar seluruh komponen yang terlibat dalam FPBI, khususnya di Kota Magelang, bisa menjadi fasilitator dan inisiatior dalam upaya memecahkan dan menyelesaikan permasalahan di lingkungan masing-masing.

“Harus ada peran aktif dari pengurus FPBI dalam melakukan sosialisasi dan menyebarluaskan informasi yang kondusif. Bisa menenangkan dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang terkait dengan masalah kebangsaan di lingkungannya,” tambahnya.

Menurut Wakil Walikota Magelang, dibutuhkan peran dari tokoh masyarakat dan tokoh agama sebagai menjadi duta kearifan lokal dalam penyelesaian konflik. Menjadi mediator , negosiator, inisiator, dan menjadi bagian dari alat untuk rekayasa sosial dalam menjaga suasana kondusif di masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan perlu meningkatkan fungsi FPBI sebagai wadah komunikasi, koordinasi dan fasilitasi penguatan pembauran kebangsaan, guna menghindari terjadinya konflik vertikal dan horisontal, sehingga dapat meningkatkan komunikasi antar kelompok etnik dalam menjalin silaturahmi untuk membentuk kehidupan yang rukun dan damai.

Untuk meningkatkan peran FPBI di Kota Magelang, maka segenap pengurus harus memiliki program kerja yang jelas, terukur dan terstruktur sehingga bisa dirasakan manfaatnya. Tujuannya agar bisa menjaga suasana Kota Magelang menjadi kondusif dan tidak mudah terpengaruh oleh kondisi di daerah lain. (Tha)

BERITA REKOMENDASI