Menjaga NKRI, Warga Merajut Kebersamaan dari Panggung Seni Tradisional

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kesenian tradisional khas Kabupaten Purworejo, Dolalak hingga kini masih menjadi ikon kesenian yang merakyat. Mampu menyedot penonton dari berbagai kalangan dan usia. Bahkan pendemen kesenian ini pun telah terbentuk komunitas yang selalu setia mengawal dalam setiap pentas pertunjukan.

“Dari pertunjukan kesenian tradisional ini, ternyata mampu mengadirkan berbagai komunitas di Purworejo,” kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Purworejo Bambang Gaton Seni Aji SE MM.

Panggung seni dengan tajuk Pentas Seni Budaya Dalam Upaya Peningkatan Wawasan Kebangsaan Kabupaten Purworejo yang digelar di halaman Kantor Kesbangpol Purworejo, Sabtu (27/1/2018) malam ini menghadirkan Grup Kesenian Dolalak Mekar Sari dari Desa Purbayan Kecamatan Kemiri Purworejo.

Dari panggung ini menurut Bambang Gatot Sejo Aji, sengaja digelar untuk menghadirkan berbagai komunitas yang ada di Purworejo, termasuk didalamnya kounitas Ndolalak Fans Club (DFC) yang terbangun dari para anak muda dari berbagai penjuru Purworejo. “Dari sinilah kami menghadirkan mereka agar berbaur bersama dalam sebuah keakraban,” tandasnya.

Mereka menurut Bambang Gatot Seno Aji, butuh wadah, butuh tempat untuk berbaur bersama. Dengan cara ini mereka akan terajut rasa kebersamaan lintas komunitas.(Nar)

BERITA REKOMENDASI