Menoreh Trail Marathon Bakal Ulang Kesuksesan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kesuksesan acara dan program charity Menoreh Trail Marathon 2019 yang membantu meningkatkan kualitas sarana pendidikan di tiga sekolah di Desa Ngargogondo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, menjadi semangat dan motivasi Yayasan Longrunrangers Peduli Negeri kembali menggelar acara serupa di tahun 2021 ini. Menoreh Trail Marathon 2021 Powered By Pegadaian (MTM21) akan digelar 11-12 September 2021 mendatang. Kegiatan ini diluncurkan di Atrium Artos Mall Magelang, Jumat (25/06/2021) kemarin.

Peluncuran ditandai dengan pemukulan gong oleh Deputi Bisnis PT Pegadaian (Persero) Area Yogyakarta M Mushonif, dihadiri beberapa beberapa pihak, termasuk perwakilan pelari dari Jateng dan DIY. Race Director Ronny Yuliananto mengatakan start dan finish lomba ini di Gade Village Borobudur Magelang.

Acara ini melombakan lari lintas alam dengan kategori 42 Km, 21 Km, 10 Km dan 5 Km. Rute akan melewati 35 dusun di 8 desa di kecamatan Borobudur dan kecamatan Salaman.

Peserta akan ditantang berlari marathon dengan rute jalan aspal, jalan berbatu, pematang sawah, naik turun gunung, dan peserta akan disuguhi pemandangan eksotis Candi Borobudur dari beberapa puncak pegunungan Menoreh. Selain itu peserta juga dapat melihat kegagahan gunung-gunung yang mengelilingi Magelang, seperti Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Sumbing, Ungaran, dan bahkan bisa melihat pantai selatan.

Deputi Bisnis PT Pegadaian (Persero) Area Yogyakarta mengatakan Pegadaian sangat berkomitmen untuk turut serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program CSR-nya. Masyarakat pegunungan Menoreh mengalami kesulitan air ketika musim kemarau, karena memang mengandalkan air tadah hujan dan dropping dari pemerintah dan donatur selama ini.

Ketua Panitia Sulus Arwani mengatakan selain sebagai acara lomba lari yang memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah, MTM21 adalah kegiatan lari amal yaitu penggalangan dana untuk program ‘Air Bersih Untuk Menoreh’. “Seluruh peserta akan melakukan penggalangan dana yang akan disalurkan untuk pembangunan kolam-kolam penampung air hujan, pemasangan bak tandon, memperbaiki saluran distribusi air bersih dan juga penanaman pohon untuk menjaga kelestarian sumber air dan air tanah di pegunungan Menoreh,” katanya.

MTM21 akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat pada semua tahapan kegiatannya. Maka, tema kegiatan ini adalah ‘MTM21 Prokesional’. (Tha)

BERITA REKOMENDASI