Merapi Bergejolak, Warga Magelang Pasang Janur Untuk Tolak Bala

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebuah janur atau daun kelapa muda nampak menghiasi bagian depan rumah warga, khususnya di bagian atas pintu, di wilayah Dusun Grogol Duwur atau Grogol Atas Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Sabtu (21/11/2020). Dipasangnya helai janur-janur dan beberapa gelas tersebut dipercaya dapat sebagai sarana tolak bala dengan adanya peningkatan aktivitas Gunung Merapi akhir-akhir ini.

Janur-janur tersebut ada yang dipasang dengan ditempel atau diletakkan begitu saja. Ada yang polosan lengkap dengan sebatang lidinya, tetapi ada yang ada semacam ikatan di bagian ujungnya. Bahkan ada juga yang ditempel dengan bentuk mirip selongsong ketupat atau kupat.

Dua warga Dusun Grogol Duwur Marsono (67) dan Jaryanto (65) kepada KRJogja.com mengatakan janur-janur tersebut dipasang sejak Jumat (20/11/2020) lalu. Ada juga yang menyempurnakan keberadaan janur tersebut dengan persediaan segelas air kopi (wedang bubuk), segelas air teh cem-ceman dan segelas air putih yang ada bunga mawar di dekatnya.

Jaryanto menambahkan janur dan beberapa gelas tersebut boleh diletakkan di atas pintu atau di atas meja, namun banyak juga yang memasang janurnya di atas pintu, baik diletakkan begitu saja atau dipasang dengan ditempel menggunakan potong lakban hitam. Janurnya boleh diberi ‘bundelan’, dan boleh juga dibiarkan utuh lonjoran 1 lidi.

BERITA REKOMENDASI