Meriah, Grebeg Gethuk HUT Kota Magelang ke-1112

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ribuan warga menyaksikan rangkaian acara 'Gerebeg Gethuk' di alun-alun Kota Magelang, Minggu (15/4/2018).  Mereka tidak hanya warga di Kota Magelang, tetapi ada juga yang datang dari luar Kota Magelang. 

Sejak pagi hari ada juga yang sudah menunggu di kanan-kiri jalan yang ada di lalui kirab kereta kencana maupun barisan pasukan yang membawa duplikat prasasti Mantiasih berkaitan dengan sejarah Magelang.

Asisten II Sekda Kota Magelang Drs Joko Budiyono MM mengatakan ada dua gunungan gethuk yang digerebeg warga, dan berat seluruhnya sekitar 200 kilogram. Gethuk ini disusun dalam dua gunungan, yaitu Gunungan Lanang dan Gunung Wadon. 

Sejak Minggu pagi dua gunungan gethuk tersebut sudah berada di halaman Masjid Agung Kota Magelang. Dipimpin Takmir Masjid Agung Kota Magelang, Drs H Miftakhussurur, dilakukan doa bersama di sekitar kedua gunungan sebelum kedua gunungan tersebut dibawa ke tengah alun-alun Kota Magelang.

Ketika Gunung Lanang dan Gunungan Wadon tersebut sudah berada di tengah alun-alun Kota Magelang, 17 gunungan palawija dan sayur-sayuran dari 17 kelurahan yang ada di Kota Magelang disandingkan di tengah alun-alun. 

Ketika Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito memberi aba-aba dan mengizinkan untuk digerebeg, masyarakat pun langsung berebut maju ke tengah alun-alun untuk berebut gethuk di dua gunungan dan sayur-sayuran serta palawija yang ada di 17 gunungan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI