Meriah! Grebeg Kupat di Mertoyudan

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Setelah dua tahun tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19, acara Grebeg Kupat kembali digelar di Dusun Dawung Desa Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, Sabtu (7/5/2022).

Tidak hanya masyarakat Dusun Dawung yang mengikuti kegiatan ini, tetapi juga masyarakat dari daerah lain yang sedang berkunjung ke rumah saudaranya di Dusun Dawung. Beberapa kesenian tradisional juga ditampilkan dalam rangkaian kegiatan di Dusun Dawung ini.

Sebuah karya berbentuk gunungan tinggi sekitar 3 meter, dan bagian bawah memiliki diameter sekitar 2-3 meter, dipasangi ribuan ketupat yang terbuat dari bahan daun kelapa muda. Setelah dikirab keliling Dusun, gunungan berisi penuh ketupat tersebut kemudian diletakkan di tengah area tanah kosong. Beberapa tokoh warga ada yang membawa 3 tampah, yang semuanya berisi ketupat yang tidak terpasang di gunungan.

Isi ketupat tersebut bukan beras atau nasi, tetapi ada yang berupa lembaran uang kertas dan ada juga voucher makan bakso, sup kacang merah atau Sop Senerek gratis. Sedang uang pecahan kertas yang ada di dalam setiap ketupat ada yang lembaran Rp 1.000,-, Rp 2.000,-, Rp 5.000,-, Rp 10.000,-, bahkan ada juga yang berupa lembaran uang kertas Rp 50 ribu atau Rp 100.000,-.

Gepeng Nugroho, salah satu warga Dusun Dawung, kepada wartawan usai acara diantaranya mengatakan Grebeg Kupat ini mengandung makna sebuah pengakuan kesalahan (ngaku lepat). Gunungan Kupat mengingatkan terhadap banyaknya kesalahan, kemudian masyarakat bersama-sama melakukan penggerebekan kesalahan tersebut dengan bentuk tepa selira, tenggang rasa, saling memaafkan, keikhlasan dan kegembiraan, sehingga laku interaksi sosial di masyarakat tetap dapat berjalan dengan baik dan rukun.

Grebeg Kupat biasa dilaksanakan di musim lebaran Hari Raya Idul Fitri atau ketika Hari Raya Ketupat (Bakda Kupat). Kegiatan ini sempat terhenti selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, dan pada lebaran tahun 2022 ini kegiatan tersebut dilaksanakan kembali, Sabtu kemarin. Ada sekitar 2 ribu ketupat yang diperebutkan dalam kegiatan ini. (Tha)

BERITA REKOMENDASI