Meski Pandemi, Penjualan Hewan Kurban Tetap Marak

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJogja.com – Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, dan Hari Raya Idul Adha 1441 H Tahun 2020 masih beberapa hari lagi, masyarakat yang memesan dan membeli hewan kurban di Magelang cukup banyak.

Hal ini dibenarkan Wahyono, salah satu penjual hewan kurban yang ada di wilayah Magelang Tengah Kota Magelang, saat ditemui KRJogja.com di lokasi penjualannya, Selasa (21/7/2020). Dikatakan, pihaknya baru dua hari buka, sudah ada 25 ekor kambing yang laku terjual dengan harga bervariasi setiap ekornya. Untuk hewan kurban jenis kambing atau domba, harganya bervariasi. Ada yang Rp 2 juta/ekor dan ada juga yang mencapai Rp 4,5 juta/ekor.

Kambing yang dijual ada yang didapat dari wilayah Purworejo, Grabag Magelang, Kaliangkrik Magelang, Salaman Magelang, Muntilan maupun daerah lain. Hewan kurban tersebut dibeli dan diserahkan ke petani untuk dipelihara, serta baru diambil menjelang Idul Adha seperti sekarang ini. Ada juga yang sudah dipelihara sejak awal.

Dibanding Idul Adha tahun lalu, animo masyarakat masih sama. Dalam waktu 10-15 hari ditargetkan sekitar 200-250 ekor hewan kurban terjual. Ada petugas yang setiap hari melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang dipasarkan.

BERITA REKOMENDASI