MI Al Iman Bulus Ajarkan Kitab Kuning

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Iman Desa Bulus Kecamatan Gebang Purworejo menjadi satu-satunya madrasah yang mengajarkan Kitab Kuning kepada siswanya. Siswa yang lulus dari sekolah itu, dapat membaca dan tahu arti kitab tafsir Al Quran itu.
  
Materi Kitab Kuning menjadi kurikulum sekolah yang diberikan kepada anak sejak kelas 1. "Untuk kelas 1 – 3 mulai dikenalkan, metodenya lewat lagu atau tulisan guru yang mudah dipahami anak," ujar Kepala MI Al Iman Bulus Astriani Restiahari MPd I, kepada KRJOGJA.com, usai peringatan Isro Mi'roj dan doa bersama, Minggu (31/3).

Untuk jenjang kelas IV – VI, anak mulai diajari membaca aksara Arab Gundul itu. Pembelajaran, lanjutnya, tetap disesuaikan dengan kemampuan akademik siswa. Menurutnya, tujuan pengenalan Kitab Kuning agar anak tidak kaget saat mendapatkan materi sama di jenjang tsanawiyah. "Sehingga anak tidak kaget ketika belajar pada jenjang yang lebih tinggi. Mereka sudah siap dan menguasai Bahasa Arab," tegasnya.

Kemampuan anak tersebut, ditunjukkan kepada para wali murid setahun sekali. "Doa bersama dan peringatan Isro Mi'roj ini jadi sarana unjuk kebolehan, sehingga orang tua tahu bagaimana kemampuan anak saat belajar," tuturnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI