Milad ke-56, UM Purworejo Luncurkan Program Strategis

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Purworejo meluncurkan dua program strategis bertepatan dengan peringatan milad universitas ke-56. Dua program itu adalah UMPwr Scholarship dan Pusat Studi Pertanian dan Kawasan Perdesaan.

Rektor UM Purworejo Dr Rofiq Nurhadi MAg mengatakan, program tersebut berlaku setidaknya untuk lima tahun ke depan. “Dua program unggulan itu menjadi jawaban atas tantangan pemerataan pendidikan tinggi, serta menjadi sumber kajian, juga pendampingan agar masyarakat bisa mandiri,” tuturnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, usai peringatan milad, Jumat (25/09/2020).

UMPwr Scholarship adalah program beasiswa yang diselenggarakan kampus untuk mahasiswa yang kurang mampu. Lulusan SMA/SMK/MA yang ingin melanjutkan kuliah namun terkendala biaya, juga menjadi sasaran program itu.
Sumber pendanaan beasiswa didukung dari alumni, civitas akademika, serta masyarakat yang peduli dengan pendidikan. Pihak UM Purworejo juga mengajak masyarakat untuk ikut menyokong pendidikan dengan berdonasi Rp 100 ribu pertahun.

Adapun Pusat Studi Pertanian dan Kawasan Perdesaan, lanjutnya, menjadi wadah untuk membuat berbagai kajian terkait pengembangan sektor pertanian dan desa. Hasil kajian itu akan diterapkan di perdesaan, lalu didampingi hingga masyarakat bisa mandiri.

Pusat studi berisi civitas akademika yang memiliki fokus ke pertanian dan pengembangan perdesaan. “Tidak hanya dosen, mahasiswa dengan jiwa enterpreneurshipnya diharapkan akan menerapkan kompetensinya untuk memberdayakan masyarakat desa,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diundang untuk memberi orasi ilmiahnya secara virtual, mengajak seluruh civitas akademika UM Purworejo untuk beradaptasi dan bangkit dari pandemi. Ganjar juga mengingatkan akan besarnya peran pendidikan tinggi dalam mendukung upaya pemerintah membangun masyarakat yang sejahtera. “Universitas harus memberi angin segar perubahan dan mesti teguh menerapkan mental intelektualnya,” tegasnya.

Ganjar mengapresiasi dua program strategis UM Purworejo. Menurutnya, misi program itu sejalan dengan pemerintah karena sama-sama bertujuan mencerdaskan bangsa. “Juga menjadi upaya untuk mengentaskan kemiskinan,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI