Miras Oplosan Sangat Membahayakan, Perlu Diwaspadai

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ratusan botol minuman keras hasil Operasi Kepolisian Yang Ditingkatkan selama 6 bulan oleh jajaran Polres Magelang dimusnahkan di halaman belakang Polres Magelang, Jumat (21/12/2018). Dalam kesempatan ini Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho SIK, Kajari Kabupaten Magelang Eko Hening Handono SH MH, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang Drs Soeharno, Pj Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto maupun lainnya mengawali acara pemusnahan dengan memecah beberapa botol miras ke roda kendaraan mesin penggilas. 

Dalam laporannya, Kasat Sabhara Polres Magelang AKP Bambang Sulistyo mengatakan ada sekitar 176,5 liter minuman keras jenis ciu dan minuman keras jenis oplosan atau tuak jumlah 265,5 liter yang ikut dimusnahkan. Sedang minuman keras lainnya yang ikut dimusnahkan diantaranya merek Anggur Merah (329 botol), Vodca (264 botol) maupun lainnya.

"Keberadaan minuman keras jenis oplosan sempat memperoleh perhatian, apalagi dalam kegiatan pemusnahan ini keberadaan miras jenis oplosan juga cukup banyak. Minuman keras jenis oplosan sangat membahayakan dan perlu untuk terus diwaspadai," jelas Kapolres Megelang. Para Kapolsek diminta untuk serimg melakukan patroli di wilayahnya. Bila ada masyarakat yang menjual minuman keras untuk segera ditindaklanjuti, termasuk yang oplosan.

Kapolres Magelang berkeinginan mendatang untuk lebih menggiatkan kerjasamanya dengan jajaran TNI, Satpol PP maupun lainnya dan lebih agresif lagi dalam melaksanakan kegiatan operasi untuk memberantas peredaran minuman keras di wilayah Kabupaten Magelang, termasuk yang oplosan. Peran serta masyarakat, tokoh agama maupun lainnya dalam upaya pemberantasan ini. (Tha)

BERITA REKOMENDASI