Miras, Sabu, Petasan, Knalpot Jambrong Dimusnahkan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pemusnahan minuman keras, knalpot jambrong mapun sabu-sabu serta petasan mewarnai rangkaian kegiatan usai dilaksanakan gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di halaman tengah Polres Magelang Kota, Kamis (23/12/2021). Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 sendiri dilaksanakan di halaman Apartemen Musvia Polres Magelang Kota dipimpin Walikota Magelang dr HM Nur Aziz SpPD K-GH dan membacakan sambutan tertulis Kapolri.

Walikota Magelang, Komandan Kodim 0805/Magelang Letkol Arm Rohmadi SSos MTr (Han), Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin SIK MH maupun lainnya mengawali pemusnahan dengan melempar miras secara bergantian ke mesin penggilas. Walikota Magelang sebelumnya juga sempat mengamati miras, sabu-sabu maupun lainnya yang akan dimusnahkan.

Kapolres Magelang Kota kepada wartawan usai acara pemusnahan diantaranya mengatakan barang-barang yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti hasil penindakan atau penindakan hukum dari Sat Res Narkoba Polres Magelang Kota dan juga dari hasil razia kegiatan Kepolisian rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi memasuki Operasi Lilin Candi Tahun 2021.

Salah satu kegiatan KRYD diantaranya razia minuman keras, kembang api yang tidak berizin dan knalpot jambrong. Diinginkan agar kegiatan masyarakat selama Operasi Lilin Candi 2021 di wilayah hukum Polres Magelang Kota benar-benar aman dan kondusif.

Juga dikatakan Kapolres Magelang Kota, pihaknya juga fokus pada pengawasan pemudik yang masuk ke wilayah hukum Polres Magelang Kota dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19. Didampingi Waka Polres Magelang Kota Kompol Supriyadi SH maupun lainnya, Kapolres Magelang Kota juga mengatakan pihaknya sudah mengintruksikan kepada para Kapolsek di wilayah hukum Polres Magelang Kota untuk meningkatkan kegiatan PPKM Mikro di setiap kelurahan atau desa.

Sudah dikoordinasikan dengan Walikota Magelang dan Komandan Kodim 0705/Magelang untuk bersama-sama perangkatnya untuk meningkatkan kegiatan berkaitan dengan PPKM Mikro ini. Sudah disiapkan skema, untuk setiap tamu yang masuk ke wilayah agar lapor ke Pos PPKM Mikro dan akan dicatat di buku mutasi.

Untuk pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah hukum Polres Magelang Kota, Kapolres Magelang Kota diantaranya mengatakan pengamanan di gereja-gereja dilakukan secara terbuka maupun tertutup. Untuk pengamanan terbuka, ditempatkan pos pengamanan di masing-masing gereja, terutama di gereja-gereja prioritas 1. Nantinya akan ditempatkan anggota berseragam untuk pengamanan, baik pengamanan gereja maupun masyarakat yang berada di gereja untuk melaksanakan rangkaian acara Natal. (Tha)

BERITA REKOMENDASI