Mobil PCR Swab 94 Warga, Lima Terkonfirmasi Covid

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Lima warga Kabupaten Purworejo kembali dinyatakan terkonfirmasi Covid. Kelimanya pasien baru itu menjalani swab bersama 89 warga lain menggunakan mobil PCR yang diterjunkan Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan swab di RSUD RAA Tjokronegoro Purworejo, Sabtu (08/08/2020). Hingga Sabtu sore, warga terkonfirmasi Covid sejak pandemi melanda Purworejo, total menjadi 222.

Jubir Satgas Covid-19 Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT mengemukakan, tim medis sudah memberi tahu kelima warga terkonfirmasi Covid-19 itu. “Mereka mendapat pemberitahuan dan diminta mengisolasi diri, menghindari kontak dengan orang lain serta terapkan protokol kesehatan,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com.

Lima terkonfirmasi Covid terdiri atas warga di wilayah Puskesmas Purworejo sebanyak empat orang dan Puskesmas Bayan satu. Mereka dalam kondisi tanpa gejala sehingga dianjurkan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Satgas Covid Purworejo akan melakukan penelusuran terhadap kontak erat lima warga terkonfirmasi itu. “Prinsip kami tracing atau penelusuran, tes, dan treatment atau penanganan,” tegasnya.

Menurutnya, Satgas Covid-19 Jawa Tengah mendatangkan satu mobil PCR untuk dioperasikan di Purworejo selama satu hari. Mobil ditargetkan mampu memeriksa seratus sampel swab.

Satgas kabupaten berkoordinasi dengan rumah sakit dan puskesmas untuk menghadirkan kontak erat pasien terkonfirmasi Covid atau warga dengan gejala, untuk mengikuti tes swab. Sebanyak 94 warga mengikuti uji swab diantar kendaraan milik puskesmas.

Kendaraan itu diterjunkan mengingat terjadinya peningkatan kasus yang signifikan. Dalam sebulan terakhir, katanya, lonjakan pasien baru bahkan melebihi seratus kasus. “Purworejo menjadi prioritas provinsi untuk mendapat bantuan mobil PCR untuk pemeriksaan sehari ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Aliya Wijayanti SKM MPA mengemukakan, mobil PCR diperuntukkan untuk daerah yang mengalami kenaikan kasus cukup signifikan. Mobil itu memiliki kemampuan menguji secara cepat.

“Ini langsung dikerjakan dan sore sudah keluar hasilnya. Kami kemudian geser lagi, untuk menguji warga di daerah lain,” ucapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI