Mobil Rombongan Pelayat Terguling, Satu Penumpang Tewas

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Kecelakaan maut terjadi di Dusun Jlumbang Desa Banyukembar Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo, Sabtu (14/03/2020). Mobil bak terbuka bernopol H-1793-KM yang mengangkut 40 orang terguling akibat tidak kuat melintasi tanjakan tajam di desa setempat. Rombongan penumpang yang ada di bak pick-up pun terpental, hingga menyebabkan 1 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Kasatlantas Polres Wonosobo, AKP Putri Noer Cholifah mengungkapkan berdasarkan hasil pemeriksaan Unit Lakalantas musibah kecelakaan tunggal mobil pick up mengangkut rombongan pelayat tersebut merenggut merenggut nyawa Ny Martono (55). Sebanyak 5 orang luka berat, 20 luka ringan dan 14 orang rawat jalan. Seluruh korban merupakan warga Dusun Jlumbang Desa Banyukembar.

“Faktor penyebab kecelakaan diduga karena kelebihan muatan. Mobil pick up yang seharusnya hanya diperuntukkan mengangkut barang, namun digunakan untuk mengangkut manusia dengan jumlah yang tidak wajar yaitu dinaiki penumpang mencapai 40 orang,” jelas Putri Noer Cholifah.

Akibatnya ketika melintasi tanjakan mobil tidak kuat dan akhirnya mundur lalu terguling. Seluruh penumpang yang berada di bak belakang terpental hingga memakan korban tewas maupun luka-luka.

Kecelakaan maut tersebut telah ditangani Unit Laka Lantas Satlantas Polres Wonosobo. Sedangkan pengemudi pick-up, Phaing (30) telah diamankan petugas dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Humas RSUD KRT Setjonegoro, Tri Lestari menjelaskan seluruh korban yang dibawa ke rumah sakit ini mengalami luka cukup serius. Seorang korban bahkan mendapat penanganan khusus lantaran telah berusia lanjut dan mengalami patah tulang kaki serta patah tulang tangan. “Meski mengalami luka cukup berat, namun kondisi para korban setelah menjalani perawatan dalam keadaan sadar dan kondisinya berangsur membaik,” paparnya. (Art)

BERITA TERKAIT