Moratorium Dicabut, Program Transmigrasi Kembali Jalan

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pasca dicabutnya moratorium yang menghentikan program transmigrasi ke Kalimantan Tengah, kini Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Purworejo kembali menyiapkan pemberangkatan para calon transmigran. Namun sebelumnya para calon transmigran akan dibekali berbagai keterampilan kerja, sehingga pertanian bukan satu-satunya tujuan untuk para transmigran.

“Kita terus melakukan penjajagan, terutama untuk program dua tahun kedepan,” kata Kepala Disperinaker Purworejo Drs Sutrisno MSi, Kamis (14/9/2017).

Tahun 2018 menurut Sutrisno, transmigrasi merupakan program regular yang konvensional, dimana daerah tujuan menyediakan lahan dan pemerintah desa (Pemdes) setempat menjamin.

Hanya saja daerah penerima mengajukan syarat agar transmigran yang dikirim sudah dibekali keterampilan. “Daerah penerima tidak mau transmigrasi sebagai ajang pemindahan kemiskinan,” jelasnya.

Daerah tujuan juga menjamin fasilitas pendidikan dan kesehatan. Di masing-masing desa disediakan Puskesmas Pembantu (Pustu).

Sementara itu program transmigrasi tahun 2019 dengan program sharing dimana fasilitas rumah disediakan sendiri oleh pemerintah daerah yang mengirim transmigran.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI