Muda Ganesha Purworejo Tanam 17.658 Pohon

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Menyadari akan potensi daerahnya yang rawan terhadap berbagai jenis bencana, tertama banjir dan tanah longsor, Muda Ganesha (MG) yang merupakan perkumpulan para alumnus SMA Negeri 1 Kabupaten Purworejo menggelar bhakti lingkungan dengan menanam 17.658 pohon.

Sasarannya pada daerah rawan diantaranya di wilayah Kecamatan Loano, Gebang,  Pituruh, Bruno, Kemiri, Bener, Purworejo, Begelen, dan Kecamatan Ngombol. Bhakti lingkungan ini dipusatkan di Dusun Siklotok Desa Kaligono Kecamant Kaligesing.

“Bhakti lingkungan ini sekaligus menyongsong reuni akbar MG 2020 yang puncaknya bulan Agutus mendatang,” kata Ketua Umum Paguyuban MG Alumni SMA 1 Purworejo Drs Dwi Wahyu Atmaji MPA, Sabtu (29/2).

Sedang jenis pohon yang ditanam diantaranya jati, gayam, jambu, durian, pete, mangga, jengkol, durian otong, durian pelangi atururi, durian kromo Banyumas, mangga arum manis, dan kelengkeng itoh.

Kegiatan ini sekaligus mensikapi terjadinya alih fungsi lahan dan hutan negara, dimana wilayah ini merupakan daerah tangkapan air hujan (Catchmen area) yang seharusnya berisi tanaman keras sebagai pengikat air dan tanah.  Namun karena sudah dimanfaatkan menjadi tanaman industri seperti albasia, sengon, pinus dan lahan pertanian lainnya, maka tanaman ini justru mengambil air dan tidak mampu mengikat tanah yang berasal dari lapukan andesit (soil). Ini mengakibatkan ketidak normalan siklus hidrogeologi. “Belum lagi pertumbuhan perumahan dan pembangunan jalan desa (rabat beton) di desa-desa yang menghambat meresapnya air ke cekungan air (aquifer), ikut merusak siklus tersebut,” paparnya.

Akibat lain cadangan air yang berada di cekungan air (aquifer) di Purworejo terus berkurang. “Selama ini Desa Kaligono tidak pernah mengalami kekeringan, tapi pada musim kemarau kemarin, warga sudah minta bantuan droping air bersih,” kaktanya.

Pada kesempatan itu Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM meminta agar warga lainnya juga ikut peduli terhadap lingkungan. “Tidak hanya MG, mungkin alumnus sekolah yang lain bisa ikut berbakti untuk Purworejo,” tandasnya.(Nar)

BERITA TERKAIT