Muhadjir Effendy: Revolusi Mental Mengubah Perilaku Merusak Menjadi Memelihara Alam

Editor: Ary B Prass

MUNGKID, KRJOGJA.com  – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Prof Muhadjir Effendy mengatakan semua manusia di dunia ini adalah sebagai kholifah. Kholifah artinya menjadi wakil Allah untuk memelihara ciptaan-Nya di dunia.

“Kholifah bukan diartikan membentuk pemerintahan, kholifah dapat diartikan memelihara alam semesta,” kata Muhadjir Effendy pada silaturahim keluarga besar Muhammadiyah (SKBM) ke-IX di Kecamatan Muntilan Magelang, Minggu (31/7/2022).

Muhajir mengatakan kaitan dengan revolusi mental yang menjadi tugasnya, adalah mengubah pikiran dan perilaku menebang pohon atau merusak alam menjadi menanam, memelihara pohon dan alam semesta. Manusia yang kerjaanya menebang dan merusak alam berarti tidak dapat menjadi kholifah.

Tahun ini, terang dia, pemerintah mencanangkan menanam sebanyak 10 juta pohon dengan target akhir tahun tercapai. Jika target tercapai akan ditingkatkan menjadi 100 juta pohon.

Muhadjir mengatakan Covid-19 dan penyakit mulut dan kuku (PMK) menyebar dengan cepat salah satu faktornya adalah buruknya kualitas udara.

Menurutnya jika kualitas udara bagus penyebaran virus korona dan PMK bisa diminimalisir bahkan dicegah sebab virus sudah ditangani oleh alam.

“Maka kami mengajak masyarakat untuk menanam dan merawat pohon, agar kualitas udara kembali baik,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI