Muhammadiyah Temanggung Berikan Beasiswa Pendidikan Anak Korban Covid-19

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Temanggung memberikan bantuan beasiswa pendidikan pada 3 anak yang orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19. Pihaknya masih menunggu kelengkapan data dari sejumlah anak yang lainnya, juga untuk mendapatkan beasiswa serupa.

“Anak-anak itu kami berikan bantuan beasiswa pendidikan sekolah, untuk bersekolah di sekolah-sekolah Muhammadiyah, pondok pesantren atau masuk pengasuhan di panti asuhan, ” kata Ketua Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Temanggung, Badrun Mustofa, Selasa (17/08/2021).

Badrun Mustofa mengatakan menjadi kewajiban Muhammadiyah melalui amal usaha dibidang pendidikan untuk membantu anak-anak yang menjadi yatim dan piatu akibat Covid-19. Bantuan selain beasiswa pendidikan juga hal lain, seperti sembako.,

Dikatakan Muhammadiyah juga memberikan bantuan pada kaum dhuafa yang terdampak Pandemi Covid-19. “Kami berikan bantuan pada mereka yang terdampak,” kata pria yang juga ketua panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Temanggung itu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo SAg, MM mengatakan 145 anak menjadi yatim dan piatu karena Covid-19 sejak pemerintah menetapkan Pandemi Covid-19 hingga pertengahan Agustus 2021. “Jajarannya masih terus mendata agar tidak ada yang terlewatkan, sehingga jumlahnya bisa jadi bertambah,” katanya.

Dikatakan pendataan oleh tim Dinsos. Pendataan ini sebelumnya secara berjenjang mulai dari RT, RW, Kadus hingga Pemdes dan kecamatan. Tim dari Dinsos kemudian melakukan assesmen atau penilaian.

Dia mengatakan pemerintah memberikan perhatian penuh pada anak-anak yang orang tuanya meninggal karena bencana termasuk karena terpapar Covid-19. Dipastikan mereka mendapat asuhan dari orang tua serta keterjaminan pendidikan.

Kepala Kepolisian Resor Temanggung AKBP Burhanuddin mengatakan bantuan diberikan melalui program ‘Aku Sedulurmu’ yang digagas Kapolda Jateng. Program ini berupa bantuan pendidikan.

Keempat anak yang mendapat bantuan beasiswa tersebut, dikemukakan yakni Muhammad Hesanta Abdillah dari Tembarak siswa kelas 8 SMPN 6 Temanggung, kemudian tiga bersaudara dari Kandangan Admira Syahda Tirta, Wijanarka Raka Wahyu Jatmiko, dan Muhammad Firdaus Panggayuh merupakan siswa SD Alkautsar Temanggung. “Bantuan beasiswa untuk anak tingkat SD Rp4,6 juta, tingkat SMP Rp5,8 juta, dan tingkat SMA Rp7 juta,” kata dia.

Harapannya, lanjut dia, bantuan beasiswa ini bisa meringankan beban biaya pendidikan anak-anak tersebut sehingga dengan statusnya sebagai anak yatim tidak terganggu kebutuhan pendidikannya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI