Murid SMP 26 Purworejo Berlatih Manasik

PURWOREJO, KRJOGJA.com – SMP Negeri 26 Purworejo menyelenggarakan latihan manasik haji untuk siswa, Kamis (12/12). Sebanyak 198 siswa kelas IX, ikut dalam kegiatan yang bertujuan membangun karakter cinta agama itu.

Ratusan anak itu mempraktikan ibadah haji sesuai dengan rukun dan ketentuannya di bawah bimbingan sejumlah guru agama. "Simulasi sama persis dengan ibadah haji yang sesungguhnya, sehingga mereka bisa merasakan dan termotivasi untuk bisa berangkat ke tanah suci ketika dewasa kelak," kata Kepala SMP 26 Purworejo, Kusnan Kadari, kepada KRJOGJA.com.

Pratik ibadah diawali dengan berpakaian Ihram di miqot. Kemudian seraca berurutan menjalankan Thawaf mengeliliki kabah, Sai atau berlari kecil atara Bukit Safa dan Marwah, wukuf di Arafah, Tahalul atau bercukur rambut.

Manasik haji dilaksanakan dalam dua gelombang. Sementara pelajar nonmuslim, diliburkan selama satu hari. Kegiatan tidak mengganggu pembelajaran karena dilaksanakan pada hari tenang setelah selesai ujian.

Menurutnya, kegiatan diselenggarakan untuk menbangun karakter religius pasa siswa. Apabila sudah dibangun, maka siswa akan mencintai agamanya dan menjalankan ajarannya secara benar. "Harapan kami anak yang masih bolong-bolong salatnya, bisa disempurnakan," ungkapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI