Musim Hujan Datang, Siap-siap Bencana

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Memasuki musim hujan yang diperkirakan akan tiba sejak akhir Oktober 2017 ini hingga April 2018, masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana diminta untuk selalu waspada, mengingat bencana bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja.

”Akhir Oktober ini diperkirakan musim hujan sudah merata di seantero Nusantara dan akan berlangsung sekitar emam bulan mendatang. Masyarakat harus selalu waspada dan bahkan siap menjadi korban,” kata Kapusdatinmas BNPB Dr Sutopo  Purwonugroho MSi pada lomba kreatifitas bidang kebencanaan dan tangguh bencana di Alun-alun Kutoarjo Kabupaten Purworejo, Sabtu (14/10/2017) malam.

Bahkan memasuki bulan Oktober ini, sebagian daerah di Indonesia telah dihuyur hujan lebat, dan sebagian diantaranya sudah diterjang bencana banjir dan tanah longsor. ”Ini baru permulaan musim hujan, kedepan intensitas hujan akan semakin tinggi,” jelasnya.

Pada daerah yang berpotensi bencana tanah longsor dan banjir, diminta untuk selalu waspada dan siap-siap menghadapi kenyataan. Setidaknya untuk meminimalisir kerugian, terutama korban jiwa dan harta benda. ”Kedua jenis bencana ini sudah sering terjadi, sehingga masyarakat harus memahami akan tanda-tanda datangnya bencana ini,” katanya penuh harap.

Menurut Assisten Sekda Bidang Pemerintahan Kabupaten Purworejo Drs Murwanto, salah satu penyebab jatuhnya korban dalam setiap kejadian bencana, diantaranya karena kurangnya antisipasi  dan kesiapan warga, serta lambannya penanganan bencana sebagai akibat keterbatasan personil maupun peralatan. “Ini mengindikasikan bahwa kewaspadaan dan kesiapan kita, baik aparatur pemerintah maupun masyarakat dalam menghadapi bencana perlu terus ditingkatkan,” paparnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI