Musrenbang RPJMD Sukoharjo 2021-2026 Digelar, Ini Fokus Tujuannya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021-2026 penting dilakukan. Kegiatan dilakukan dengan melibatkan semua pihak demi mencapai tujuan visi dan misi pemerintahan.

Hal tersebut dikatakan Etik Suryani saat memimpin pembukaan kegiatan Musrenbang RPJMD di lantai 10 Gedung Menara Wijaya Pemkab Sukoharjo, Senin (7/6/2021). Etik Suryani dalam sambutannya mengatakan, seperti kita ketahui bersama, bahwa RPJMD merupakan penjabaran secara konkrit dari visi, misi dan program kepala daerah serta seluruh aktivitas pemerintahan daerah dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah. RPJMD menjadi acuan pemerintah daerah dalam melaksanakan program-program strategis dan pemanfaatan pendanaan dalam upaya peningkatan pelayanan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di daerah untuk jangka waktu 5 tahun kedepan.

Selain itu, RPJMD juga menjadi instrumen untuk menilai keberhasilan unsur penyelenggara pemerintahan daerah dalam menjalankan roda pemerintahan. Hal ini mengingat keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah dinilai dengan cara membandingkan antara realisasi capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dengan target kinerja, pagu indikatif, yang direncanakan dalam RPJMD dan dijabarkan lebih lanjut kedalam kelompok sasaran penerima manfaat dan lokasi kegiatan Renstra Perangkat Daerah.

BERITA REKOMENDASI