Nakes RSUD Temanggung Disuntik ‘Booster’

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRjogja.com – RSUD Temanggung membuka pelayanan vaksinasi pada masyarakat umum untuk mempercepat terciptanya herdimmunity di kabupaten tersebut, Sabtu (28/8).

Direktur RSUD Temanggung dr Tetty Kurniawati mengatakan pelayanan vaksinasi di RSUD diperuntukkan bagi mereka yang belum pernah mendapat vaksinasi. ” Vaksinasi ini adalah vaksinasi dosis awal jadi bukan booster atau vaksinasi penguat,” kata dia.

Dia mengatakan vaksin yang disediakan adalah jenis Moderna dari Amerika. Sebagai langkah awal disediakan untuk 84 warga. Dosisi kedua vaksinasi akan digelar beberapa minggu kedepan. ” Mari bersama ciptakan herdimmunity dengan vaksinasi,” kata dia.

Bersama vaksinasi, terang dia, juga ada sosialisasi perlunya penerapan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah terpapar Covid-19, seperti memakai masker ganda, cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan dan menjaga jarak.

Dia menyampaikan tenaga kesehatan dan karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Temanggung mendapat vaksinasi dosis ke tiga sebagai ‘booster’ untuk menambah kekebalan tubuh dari paparan Covid-19.

Dikatakan vaksinasi ‘booster’ bagi nakes mulai Kamis (19/8) minggu lalu dengan vaksin Moderna dari Amerika.

“Vaksinasi awal dengan Sinovac dan kebijakan pemerintah manambah sebagai penguat dengan Moderna,” kata Tetty.

Dikatakan target vaksinasi di RSUD Temanggung sebanyak 960 orang. Mereka di vaksin bergiliran, dengan menyesuaikan jadwal yang telah ditetapkan agar pelayanan di RSUD tidak terganggu.

Tetty mengemukakan pelaksanaan vaksinasi di RSUD berjalan lancar dan aman. Tidak ditemukan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang berarti, yakni jika ada masih dalam kategori ringan, seperti pusing, mual dan munculnya ruam di kulit. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI