Nakes Temanggung Mulai Disuntik Moderna

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Sebanyak 500 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Temanggung mulai menjalani vaksinasi Covid-19 dosis ketiga, Sabtu (14/08/2021). Ditarget akhir Agustus semua nakes sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei mengatakan penyuntikkan dosis ke tiga bagi nakes dalam beberapa gelombang disesuaikan dengan kedatangan vaksin ke Temanggung. “Begitu datang, vaksin moderna untuk nakes langsung didistribususikan pada Puskesmas dan RSUD,” kata Dwi Sukarmei.

Dikatakan penyuntikkan dilaksanakan di 26 puskesmas yang ada dan di RSUD Temanggung. Penyuntikkan serentak Sabtu (14/08/2021), yang menyuntik sesama tenaga medis, jadi dapat bergantian.

Disampaikan setelah 500 dosis terpakai, pihaknya segera mengusulkan pada pemerintah pusat untuk mendapatkan pengiriman dosis selanjutnya. Dosis tersebut akan digunakan untuk nakes yang lainnya. “Kami meminta sekitar 4000 dosis Moderna pada pemerintah pusat, yang rencana disuntikkan pada nakes yang ada,” kata dia.

Dia mengatakan ditarget akhir Agustus semua nakes sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga. Tujuannya untuk memberikan ketahanan tubuh yang kuat mengingat mereka rentan terpapar Covid-19 saat memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Saat memberikan pelayanan pada masyarakat nakes sangat rentan terpapar, seperti ketika merawat pasien Covid-19 di rumah sakit maupun pengobatan orang sakit,” kata dia.

Dia menerangkan vaksin dosis ketiga ini untuk menambah imum maupun kekebalan dalam tubuh para nakes. Harapan nakes tidak mudah terpapar Covid-19. (Osy)

BERITA REKOMENDASI