Nasmoco Goes To School, Bekali Siswa Ketrampilan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Perhatian dunia industri terhadap dunia pendidikan selama pandemi Covid-19 ini, bisa dihitung dengan jari. Namun apa yang dilakukan Nasmoco Magelang, patut diapresiasi. Melalui program ‘Nasmoco Goes To School’, mereka ingin membelali siswa SMK dengan ketrampilan, sehingga siap saat diterjun ke dunia kerja.

Kepala Dinas Cabang Pendidikan Wilayah VIII, Dr Nikmah Nurbaity, disela-sela membuka Program Nasmoco goes to school di SMK Muhammadiyah II Borobudur, Selasa (22/12/2020) mengapresiasi program tersebut. “Kami apresiasi kegiatan ini. Keberhasilan sekolah di abad 21, adalah memiliki mampu membekali anak didiknya dengan sikap kritis, kreatif, komunikasi dan mampu berkolaborasi dengan siapa saja,” katanya.

Service Part Section Head Nasmoco Magelang, Subhan Firdaus, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya saat ini baru bekerjasama dengan tiga SMK di Magelang. Yakni SMK Maarif Kota Mungkid, SMK Pangudi Luhur Muntilan dan terbaru adalah SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. “Dimasa pandemi ini, dibutuhkan kepala sekolah yang kreatif, inovatif dan mampu mencari peluang bekerjasama dengan semua pihak. Dan sejauh ini, kami apresiasi tiga SMK di Magelang yang sudah bekerjasama dengan kami,” imbuhnya.

Saat pandemi, lanjut Subhan, kurikulum pendidikan menjadi berantakan. Termasuk di jenjang SMK. Mereka tidak bisa melakukan praktikum. Perusahaan-perusahaan juga hampir tidak ada yang menerima siswa magang. Terkait hal itu, pihaknya membuat terobosan-terobosan. “Siswa kami undang ke nasmoco, tentu dengan sejumlah kriteria. Kami juga hadir ke sekolah. Ini adalah bentuk perhatian kami terhadap dunia pendidikan. Kami terbuka untuk bekerjasama dengah siapa saja,” katanya.

Sementara Kepala SMK Muhammadiyan 2 Borobudur, Dra Nida Ul Hasanah mengatakan, spesial program Nasmoco Magelang goes to school ini, dilaksanakan dua hari, mulai Selasa – Rabu (22-23/12/2020). Disampaikan jika, akibat pandemi, pihaknya kesulitan mencari tempat-tempat praktek kerja industri. “Kami beruntung, kami bisa mendapatkannya. Untuk jurusan perhotelan, praktek sudah bisa melaksanakan pada Oktober kemarin. Untuk teknik mesin dan otomotif, mulai januari 2021 besok,” ungkapnya.

Sementara Ketua PDM Kabupaten Magelang, drs H Jumari, mengapresiasi dan terima kasih pada Nasmoco yang sudah bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. “Pendidikan Muhammadiyah salah satu visinya adalah pencerahan. Jadi tidak sekedar memiliki ketrampilan yang profesional tapi kepribadian, kemandirian dan kepeloporan. Sehingga saat masuk di dunia kerja, tidak menjadi pengekor tapi pelopor,” jelasnya.

Hal ini ia sampaikan, agar anak-anak digembleng supaya memiliki rasa percaya diri. “Jadi saat masuk didunia kerja, bukan terpengaruh tapi mempengaruhi dalam hal kebaikan. Karena itu, anak-anak diberikan modal ke Islaman yang memadai,” tandasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI