Nazar Berangkat Haji, Daryanto Naik Sepeda

MAGELANG (KRjogja.com) – Daryanto (63), calon haji (calhaj) warga Dusun Karangjati, Rt 05 Rw 04, Desa Wringin Putih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, mewujudkan nadarnya bersepeda dari rumahnya menuju tempat pemberangkatan calon haji di halaman Pemkab Magelang, Selasa (30/08/2016).

Meski matahari belum keluar, pensiunan Dinas Perhubungan Kota Magelang ini, bersepeda jengki miliknya, diantar sekitar 20 tetangga dan kerabatnya. "Ini memang nazar saya sejak dulu. Yakni jika dapat naik haji, akan bersepeda dari rumah ke lokasi pemberangkatan di pemkab magelang. Kalau dihitung, mungkin sekitar 6 km. Ya hitung-hitung sambil berolahraga pagi," katanya, ditemui dirumahnya sebelum berangkat tadi.

Naik sepeda ini, lanjut Daryanto, sangat didukung keluarga dan para tetangganya. Terbukti, ada sekitar 20 sepeda yang yang ikut mengantarkannya. "Selain menyehatkan, juga ekonomis dan dapat mengurangi macet, polusi udara serta mudah mencari lokasi parkir. Karena biasanya, halaman sekitar pemkab magelang, penuh sesak oleh para pengantar calon haji," ungkap bapak tiga putra itu.

Suami dari Wiwik Mudrikah, pengusaha rias pengantin dan katering 'Gatra' ini mengaku, sudah tak sabar untuk memunaikan salah satu rukun Islam tersebut. Pasalnya, ia sudah menunggu cukup lama menunggu antrean. "Minta doanya saja, saya dapat berangkat dan pulang kembali ke magelang dengan selamat dan sehat," pintanya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI