Ndalem Traju Mas, Wadah Batik Purworejo

PURWOREJO (KRJogja.com) –  Belum maksimalnya pemasaran batik produk Purworejo menggugah Ndalem Traju Mas untuk menjadi wadah para pengrajin batik yang tersebar se antearo Kabupaten Purworejo. Ndalem Traju Mas ini sekaligus diharap mampu menjadi jembatan antara produsen dengan konsumen.

“Sebagian besar pengrajin batik berada di daerah pelosok pedesaan, ini menyulitkan konsumen mendekati produsen, maka kami mencoba memberikan wadah bagi para produsen batik untuk memasarkan hasil produksinya di sini,” kata Direktur Utama (Dirut) Ndalem Traju Mas Purworejo Setiyawan Sumoharjo, Sabtu (7/12).

Di sela-sela peresmian Ndalem Traju Mas yang berlokasi di Kenteng Kecamatan Banyuurip ini, Setiyawan Sumoharjo yang merupakan cucu Pahlawan Jend Urip[ Sumoharjo ini menjelaskan, bahwa Ndalem Traju Mas tidak hanya untuk kepentingan pribadi dan keluarga, namun untuk semua pengrajin batik yang ada di Purworejo. “Saat ini baru ada enam pembatik yang sudah bergabung, tapi ke depan kami membuka peluang seluas-luasnya kepada para pengrajin batik untuk bersama-sama memasarkan produknya melalui Ndalem Traju Mas,” jelasnya.

Setiyawan Sumoharjo didampingi pengelola Ndalem Traju Mas lainnya Nani Hesti M aharani menambahkan, bahwa ke depan Ndalem Traju Mas, juga akan menggelar berbagai pelatihan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) untuk mengadakan berbagai pelatihan membatik. Hasilnya akan ditampung untuk dipasarkan bersama.

Disamping itu, di Ndalem Traju Mas juga menjadi tempat pusat oleh-oleh olahan makanan produk Purworejo. “Ini karena kami sering terdengar bahwa orang yang datang di Purworejo ingin mencari oleh-oleh (jajanan ) sulit. Padahal di Purworejo banyak produk jajanan dari masyarakat, hanya soal pemasaran,” jelasnya. (Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI