Ngeri! Ada Sarang Tawon Raksasa di Atap Rumah Warga

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sarang tawon gung dievakuasi relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo dari atap rumah Untung, warga RT 02 RW 01 Desa Singkil Kulon Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, Rabu (28/6/2017). Warga khawatir setelah melihat sarang tawon berukuran raksasa, dengan diameter hingga satu meter.

Sarang tanah liat itu diduga dihuni ribuan tawon. "Warga sudah lama mengamati sarang tawon, ternyata semakin besar dan populasinya bertambah. Mereka khawatir mendapat serangan," ungkap Iman Ciptadi, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Purworejo, kepada KRJOGJA.com.

Warga kemudian melaporkan keberadaan sarang itu kepada petugas BPBD Purworejo. Petugas mengecek lokasi sarang dan ditentukan strategi mengevakuasinya.

Tiga anggota tim BPBD melakukan penanganan awal dengan menutup lubang sarang menggunakan kapas yang dibasahi bensin pada Rabu siang. Usaha itu, katanya, bertujuan untuk melumpuhkan lebah dalam sarang.

Kemudian tim kembali ke lokasi pada malam hari untuk mengambil sarang dari atap rumah Untung. "Proses pengambilan sarang butuh waktu tidak lebih dari setengah jam. Semua berjalan lancar, tidak ada yang terluka," tuturnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI