Ngevlog Bareng Pak Bhabin, Ini Pesan Kapolda Jateng dan Pangdam IV

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kunjungan Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel dan Pandam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi ke Gereja Katholik Santa Perawan Maria Kabupaten Purworejo, tidak luput dari aksi kekinian yang dilakukan Bripka Herman Hadi Basuki atau dikenal sebagai Pak Bhabin dan Dulkemit, rekan mainnya pada program komedi 'Siap Ndan'  di televisi swasta nasional, Kamis (26/12). Keduanya mengajak orang nomor satu jajaran kepolisian dan TNI di Jawa Tengah itu nge-vlog bareng. 

Baca Juga:  Kapolda Jateng Pantau Pospam Kendarai Motor Patroli

Pak Bhabin dan Dulkemit, lengkap dengan seragam dan helm berkacamta khas mereka, mengajak keduanya berdiskusi. Mereka tertarik dengan semangat Kapolda Jateng dan Pangdam Diponegoro yang keliling memantau wilayahnya dengan mengendarai sepeda motor. 

Bripka Herman menanyakan apa resep kapolda dan pangdam kuat memacu motor gede (moge) dari Semarang hingga Purworejo. "Mohon izin bertanya Jenderal, kira-kira apa resepnya kuat bersepeda motor dari Semarang, padahal, jaraknya ada 120 kilometer," kata Pak Bhabin. 

Kapolda menjawab jika salat lima waktu tepat waktu merupakan resep utamanya. "Resepnya adalah salat wajib tepat waktunya, lalu kedua adalah selalu mematuhi aturan lalu lintas," tegas Irjen Rycko. 

Kapolda juga menyebutkan apabila situasi Provinsi Jawa Tengah selama perayaan Natal berlangsung kondusif. Tidak ada peristiwa menonjol baik dalam hal tindak kejahatan atau kecelakaan lalu lintas. Pelaksanaan ibadah Natal 2.800 gereja di Jawa Tengah berlangsung lancar. 

Menurutnya, masyarakat Jawa Tengah mampu menjaga situasi aman dan kondusif. "Saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh petugas yang diterjunkan mengamankan Natal, termasuk saudara-saudara kita dari Banser NU yang ikut membantu," ucapnya. 

Sekarang, lanjutnya, tinggal mempersiapkan pengamanan menghadapi malam pergantian tahun. "Kami selalu antisipasi semua kemungkinan potensi kerawanan, baik kejahatan atau lalu lintas, kita lakukan 'overestimate', kita lakukan 'high profile maximum security' untuk semuanya," tuturnya. 

Kapolda meminta masyarakat merayakan tahun baru dengan tidak berlebihan. Irjen Rycko menegaskan larangan masyarakat membunyikan petasan karena berbahaya dan melanggar hukum. 

Baca Juga: Pengamanan Natal di Solo, Ditempatkan Sniper

Dalam kunjungan itu, dua jenderal disambut Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Kapolres AKBP Indra K Mangunsong SH SIK MSi dan Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Muchlis Gasim. Kapolda dan pangdam juga berdiskusi dengan jemaat gereja tersebut. 

Senada, ketika ditanya Pak Bhabin tentang resepnya kuat berkendara sepeda motor besar, Pangdam Mayjen Mochamad Effendi menjawab singkat. "Resepnya, ikuti apa saran Kapolda Jateng," tandasnya.(Jarot Sarwo)
 

BERITA REKOMENDASI