Nggowes Bareng, Ganjar Mampir Destinasi Wisata Hutan

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo mampir di sejumlah obyek wisata hutan di Temanggung pada kegiatan Nggowes Bareng Mas Ganjar, Minggu (24/09/2017). Ganjar dan komunitas pecinta sepeda mengawali bersepeda dari Kecamatan Bulu dan berakhir di Kecamatan Kandangan denga jarak tempuh sekitar 30 km.

Obyek wisata yang disinggahi antara lain wisata Watu Layah, Watu Angkrik, Embung Tlogopucang, dan Gua Sigrowong di Kecamatan Kandangan. Ganjar dan rombongan mendapat sambutan istimewa pada tiap obyek wisata yang disinggahi.

Di Goa Sigrowong Ganjar mendapat kado menarik yang dipersembahkan oleh ibu-ibu PKK Desa Ngemplak, Usai sesi pengambilan undian bagi ratusan peserta kegiatan. Hadiah itu berupa sebuah bingkisan yang di dalamnya berisi sebuah teks atau lirik lagu ciptaan isteri Kepala Desa Ngemplak sekaligus Ketua PKK, Sri Lestari.

Lagu tersebut berjudul ‘Jateng Gayeng’ yang dibawakan dengan meminjam nada lagu ‘Cucak Rowo’. Lagu tersebut dibawakan dengan iringan alat musik trasisional setempat, calung.

Pada pengambilan undian tersebut, berbagai hadiah dibagikan kepada peserta gowes. Antara lain kulkas, televisi, dan sepeda onthel yang tak lain disponsori oleh Bank Jateng selaku perbankan yang menjadi mitra pemerintah daerah.

Ganjar mengatakan yang penting bersepeda agar sehat. “Orang boleh giat bekerja namun tetap  jangan dilupakan olahraga, bahagia, dan keluarga,” katanya.

Menanggapi masalah kepariwisataan, Ganjar menyarankan agar masyarakat tak hanya kreatif dalam mendesain sebuah lokasi potensial saja. Namun juga dapat mengkembangkan destinasi tersebut hingga mampu menarik lebih banyak minat wisatawan.

Ia mencontohkan Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten yang telah mampu memperoleh pemasukan hingga Rp 10,2 miliyar per bulan atau konsep lain yang dikelola melalui BUMDes.

“Temanggung banyak punya curug yang bisa dikembangkan menjadi tempat wisata menarik . Pasti ini menarik, apalagi Kabupaten Temanggung sudah terkenal gara-gara kebersihannya,” katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI