Novel Dasamuka Bakal Dilauching di Sanfransisco

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Novel Dasamuka yang merupakan novel ketiga karya Junaidi Setiyono, bakal dilauncing di Sanfransisco Amerika Serikat. Setelah sebelumnya novel karya Dosen Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) ini diluncurkan di kampus setempat.

“Novel berlatar sejarah ini cukup unik. Banyak kelas balik,” kata penyair Purworejo H Soekoso DM SPd, Kamis  (25/5). Dalam bedah buku Novel Dasamuka karya Junaidi Setiyono ini, Soekoso DM menilai bahwa novel ini memiliki kelebihan tersendiri, bahkan bisa disetarakan dengan Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. “Potensinya mengangkat aneka karakter tokoh dan khasanah flora fauna alam pedesaan dengan pernak-perniknya, hampir dapat disamakan,” tandasnya.

Hanya bedanya, pada kisah Ronggeng disajikan secara lebih runtut, dan dalam kisah Dasamuka ditampilkan dengan pola zig-zag. “Seperti gelombang pasang surut,” jelasnya.

Ditinjau dari kacamatan ilmu sejarah kata Soekoso DM, Novel Dasamuka yang berlatar sejarah ini dapat menimbulkan kerancuan pemahaman terutama bagi masyarakat awam sejarah, karena simpang siurnya nama tokoh carangan atau rekaan sang penulis dengan nama-nama tokoh yang nyata ada dalam sejarah. “Ini bisa menjadikan pembaca percaya bahwa kisah ini merupakan fakta sejarah,” katanya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI