Nuryanto Raih Satya Lancana Kepariwisataan, Ini Kiprahnya

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Meski tinggal di desa, tak menyurutkan Nuryanto (48) warga Djowahan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, untuk berprestasi dan mengharumkan nama daerah ke kancah Nasional. Bersama empat orang lainnya, bapak tiga anak ini menerima tanda kehormatan Satya Lancana Kepariwisataan oleh Presiden RI, Joko Widodo, bertepatan dengan Upacara detik – detik Kemerdekaan RI di Istana Negara Selasa (17/8/2021).

Namun karena Pandemi, ia bersama empat penerima lainnya, hadir untuk menerima tanda kehormatan itu secara virtual melalui zoom cloud meeting bersama para penerima tanda kehormatan Satya Lancana Satya X, XX, XXX Tahun. “Meski hanya melalui virtual, namun penghargaan ini adalah sebuah kehormatan untuk saya dan keluarga, sekaligus tantangan dan tanggung jawab besar untuk mengembangkan pariwisata kedepan,” kata Nuryanto.

Disampaikan Nuryanto yang pernah mendapat penghargaan sebagai pemuda pelopor tingkat Jawa Tengah 2008 lalu itu, bahwa tanda penghargaan yang diterima ini, diantaranya karena dinilai berdedikasi dan konsisten mengembangkan kepariwisataan khususnya di sekitar Candi Borobudur. Tak hanya itu, ia juga dinilai bermanfaat dan berhasil melibatkan banyak orang untuk berkarya melalui aneka jenis kerajinan untuk dipasarkan di sekitar Candi Borobudur, Prambanan, Bali dan tempat-tempat wisata lainnya.

“Menurut kementrian, saya juga dinilai berhasil melestarikan dan mengoptimalkan rumah adat Jawa berupa limasan, menjadi lebih bermanfaat. Di sisi lain, melalui berbagai kegiatan yang saya lakukan, seperti ngiwak, juga dinilai mampu mengembangkan dan mengoptimalkan potensi yang ada di desa menjadi lebih bernilai untuk mendukung kepariwisataan,” kata pria setengah baya, yang pernah mendapat penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup sebagai perintis lingkungan hidup Tahun 2014 lalu itu.

BERITA REKOMENDASI