Nyimpan Pil ‘Stress’, KS Ditangkap Polisi

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kepolisian Resort Temanggung menangkap KS (35) warga Jampiroso Temanggung dengan dugaan menyimpan, menggunakan Psikotropika jenis Calmlet Alprazolam dan Riklona.

Wakil Kepala Polres Temanggung Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi Jumat (8/10) mengatakan penangkapan bermula dari informasi dari warga akan adanya penyalahgunaan psokotropika jenis Calmlet Alprazolam dan Riklona yang diduga dilakukan seorang warga, KS.

Petugas yang mendapat informasi selanjutnya melakukan pengintaian dan penyelidikan. ” Petugas menemukan adanya indikasi penyalahgunaan psikotropika. Petugas mengintai terduga,” kata dia.

Dikatakan tersangka diamankan polisi dari rumahnya untuk dimintai keterangan. Tersangka menyerahkan barang bukti kepada petugas berupa 1 kotak kardus warna coklat berisi 1 lembar Calmlet Alprazolam 1 mg dalam kemasan warna silver berisi 10 butir dan 3 lembar riklona 2 clonazepam.

” Dalam kemasan itu masing-masing berisi 10 butir jumlah 30 butir yang disimpan tersangka di kamar tidur rumahnya. Tersangka juga menyerahkan satu telphon genggam yang digunakan untuk transaksi,” kata dia.

Dia mengatakan barang-barang tersebut kemudian dijadikan barang bukti kejahatan. Tersangka sejauh ini tidak menjual belikan barang terlarang yang dimilikinya pada orang lain. Sedang barang dibeli melalui jual beli online.

” Pil ini dikonsumsi sendiri,” kata dia.

Dikatakan tersangka KS dijerat pasal primer Pasal 62, Subsider Pasal 60 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1997 tentang Psikotropika yakni memiliki atau menerima penyaluran Psikotropika tanpa dasar hukum.

” Tersangka terancam hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 100 juta,” kata dia.

Tersangka KS mengatakan pil yang dibeli untuk dikonsumsi sendiri karena mengalami stress. Pil dibeli secara online lebih murah dibanding resep dokter. ” Saya biasa mengkonsumsi pil tersebut, biasanya pakai resep dokter, tetapi karena mahal lalu beli sendiri,” kata dia. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI