Nyulut Rokok dengan Kompor, Rumah Nyaris Ludes Terbakar

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Gara-gara menyulut rokok dengan api kompor gas, sebuah rumah di Desa Redisari, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, nyaris ludes dilalap jago merah. Api berhasil dipadamkan oleh warga dengan air setelah menghanguskan bangunan dapur beserta isinya.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto membenarkan peristiwa tersebut. Diungkapkan, kebakaran berawal dari anak pemilik rumah, Kuswanto (20), menyalakan kompor gas untuk menyulut rokok. Setelah itu pergi meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. Kuswanto lupa mematikan kompor yang di atasnya ada wajan berisi minyak goreng.

“Setelah menyulut rokok, kompor ditinggal dalam keadaan menyala. Tidak lama kemudian, warga melihat kepulan asap disusul api yang cepat membesar membakar bangunan dapur yang terbuat dari kayu,” ungkap Iptu Sugiyanto, Rabu (06/01/2021).

Agar peristiwa serupa tidak terulang, Iptu Sugiyanto mengimbau masyarakat untuk lebih teliti saat meninggalkan rumah. “Ketika akan pergi, pastikan kompor sudah dimatikan. Jendela, pintu, juga harus benar-benar terkunci. Luangkan sedikit waktu untuk kembali mengecek hal itu untuk keamanan bersama,” ujarnya. (Suk)

BERITA REKOMENDASI