Obor Galang Dana Bantuan Lombok Rp 90 juta

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Organisasi masyarakat Orang Borobudur Bersatu (Obor), berhasil menggalang dana bantuan untuk korban gempa di Lombok NTB, dari pengunjung Candi Borobudur, sebesar Rp 90.202.000. Selanjutnya, dana tersebut disalurkan melalui Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Cabang Magelang. Dana diserahkan di Aula Balai Desa Borobudur, Kamis (06/09/2018).

Menurut Ketua Umum Obor, Nurwanto didampingi Koordinator Penggalangan Dana, Krisyoko disela-sela penyerahan mengatakan, jika penggalangan dana tersebut, dilakukan di pintu keluar candi borobudur selama 8 hari, mulai tanggal 25 Agustus hingga 2 September. Dalam penggalangan dana itu, pihaknya juga melibatkan komunitas driver grab (stupa lover) dan grab bike Borobudur. "Dalam sehari, kami ada 20 hingga 30 relawan yang bertugas menggalang dana," katanya.

Sebelum ini, pihaknya juga pernah menggalang dana untuk korban gempa Aceh 2015 lalu. Dalam kesempatan itu, berhasil mengumpulkan RP 161 Juta. "Selain Aceh dan Lombok ini, kami juga sering menggalang dana dan terjun ke lokasi membantu evakuasi korban bencana disejumlah tempat. Terakhir bencana banjir bandang di Kecamatan Grabag dan tanah bergerak serta longsor di kecamatan salaman, kabupaten magelang," ungkapnya.

Penasehat Obor, Suherman yang juga Kepala Desa Borobudur mengakui jika sejak berdirinya obor, mampu membangkitkan semangat warganya untuk berempati dan berswadaya membantu masyarakat yang membutuhkan. "Kami mengapresiasi apa yang selama ini dilakukan obor. Ini contoh yang bagus. Terbukti, mereka mampu membangkitkan semangat warga untuk membantu sesama yang membutuhkan," ungkapnya.

Sementara Satria, Koordinator Grab Magelang, mengapresiasi kegiatan ini, apalagi pihaknya juga dilibatkan. "Kami berterima kasih telah dilibatkan. Ini bagus untuk kami. Semoga dengan ini, kami dapat memupuk rasa kepedulian terhadap sesama yang tengah membutuhkan," pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI