Ogah Ditekan Pihak Luar, Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener Patok Tanahnya Sendiri

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Proses pembangunan megaproyek Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo hingga kini masih mengalami sejumlah kendala. Kendati seluruh aturan (prosedur) telah dilakukan dan dilengkapi namun disinyalir ada beberapa oknum orang tidak bertanggungjawab yang mencoba menghalangi pembangunan bendungan demi kepentingan pribadi. Sementara proyek pmerintah tersebut murni demi kepentingan masyarakat luas.

Mayoritas masyarakat di Desa Wadas dan desa-desa lainnya yang setuju sekaligus mendukung pembangunan bendungan dan menyatakan sanggup membebaskan tanahnya dengan ganti rugi yang telah disepakati, justru menmperolah provokasi dan tekanan oleh pihak tak bertanggungjawab untuk menolak pembangunan bendungan.

Hal ini seperti dijelaskan Kepala PPK Bendungan Bener M Yusar di ruang kerjanya, Jumat (30/4/2021). Diungkapkan, bahwa disinyalir ada beberapa orang atau kelompok yang mengatasnamakan komunitas atau LSM yang mendatangi masyarakat di Wadas dan desa lainnya untuk mengintimidasi, memprovokasi dan berikan tekanan agar masyarakat menolak proyek pembangunan bendungan. Tekanan-tekanan yang nyaris sebagai bentuk teror kepada masyarakat tersebut menurutnya telah mencederai kehidupan bermasyarakat warga Wadas, bener, Purworejo yang selama ini hidup dalam kerukunan, tenang, nyaman dan damai.

“Kami akui dan kami telah menerima adanya laporan telah terjadi aksi intimidasi dan tekan kepada masyarakat, utamnya warga yang setuju dan mendukung pembangunan bendungan. Mayoritas warga setuju dan telah disepakati pembabasan tanah mengingat proyek bendungan ini miliki faedah multi demi kesejahteraan masyarakat setempat,” terang Yusra.

BERITA REKOMENDASI