Oknum PNS Gelapkan Mobil Rental

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Tim Buru Sergap Satreskrim Polres Purworejo menciduk Rl (39), oknum PNS warga Kecamatan Kutoarjo di salah satu hotel di Kota Yogyakarta. ASN yang bertugas di wilayah Kecamatan Pituruh itu diduga melakukan penggelapan dua mobil rental yang dititipkan kepadanya.

Menurut keterangan Kasar Reskrim Polres Purworejo AKP Agus Budi Yuwono, aksi penggelapan berawal ketika pelaku yang membuka usaha jasa rental kendaraan, membuka kesempatan bagi para rekanan untuk menitipkan mobil mereka. Tersangka kemudian menyewakan mobil itu dan memberikan keuntungan bagi para pemiliknya.

“Ada banyak rekanan yang kemudian menitipkan mobilnya kepada Rl, untuk disewakan kepada masyarakat luas,” katanya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Jumat (16/04/2021).

Namun dalam perjalanan usahanya, tersangka diduga menggelapkan dua mobil Merk Toyota Avanza 1.3 G warna hitam tahun 2016 Nopol AA 8530 HC, atas nama Feny Inrianitasari warga Desa Piji Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo dan Toyota Avanza Veloz warna hitam tahun 2015 Nopol AB 1392 AY, atas nama Sumarti warga Desa Piji.

Dugaan penggelapan, katanya, diketahui korban setelah Rl tidak kunjung membayar biaya sewa dan keuntungan atas dua mobil yang dititipkan itu. “Janjinya akan bayar sewa setiap bulan, tapi sejak Desember 2020 hingga Februari 2021 tidak ada pembayaran. Korban kesulitan mencari keberadaan pelaku, lalu setelah menggali informasi, pemilik mengetahui jika mobil telah digadaikan kepada orang lain,” tuturnya.

Para korban melaporkan peristiwa tersebut ke Polres Purworejo. Polisi melakukan penyelidikan dan mengendus keberadaan pelaku di Yogyakarta lalu dilakukan penangkapan.

Kepada polisi, tersangka mengakui perbuatannya. Akibat tindak kejahatan itu, korban menderita kerugian kurang lebih Rp 300 juta.

Polisi akan menjerat tersangka dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman pidana penjara maksimal empat tahun. “Untuk tersangka kami lakukan penahanan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purworejo, Nancy Megawati, membenarkan kasus hukum yang menjerat seorang PNS Purworejo tersebut. Yang bersangkutan sudah mendapatkan Surat Pemberhentian Sementara per 5 April 2021.

“Kita sudah serahkan SK Bupati tentang pemberhentian sementara PNS yang ditahan, karena menjadi tersangka pada tindak pidana penggelapan atas nama R,” jelas Nancy. (Jas)

BERITA REKOMENDASI