Oknum PNS Tipu Calhaj, Raup Dana Rp 2,2 Miliar

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Perempuan oknum pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Purworejo berhasil meraup dana hingga Rp 2.280.000.000. Dana itu terkumpul dari para calon jamaah haji (Calhaj) yang dijanjikan untuk diberangkatkan ke tanah suci tahun 2018. Namun hingga batas waktu yang dijanjikan, para calhaj itu ternyata tidak juga diberangkatkan.

“Karena tidak diberangkatkan dan tidak ada kejelasan kapan akan diberangkatkan, akhirnya diantara korban ada yang melapor ke Polres,” kata Kapolres Purworejo melalui Kasat Reskrim AKP Haryo Seto Liestyawan di Mapolres Purworejo, Sabtu (9/3).

Dari laporan korban ini menurut Haryo Seto Liestyawan, polisi langsung bergerak untuk melakukan penyelidikan dan ternyata tersangka juga tidak bisa menjelaskan sesuai yang dijanjikan kepada korban. “Bahkan sebagian dananya digunakan untuk kepentingan pribadi,” jelasnya.

Dijelaskan pula, pelaku DS (56) warga Jalan Brigjend Katamso Kelurahan Pangenjurutengah Kecamatan/Kabupaten Purworejo ini pada tahun 2013 memberikan kesempatan kepada para calhaj untuk diberangkatkan ke tanah suci melalui Biro Al Balad Al Amin.

Sejak saat itu tercatat ada 38 orang yang telah menyetor dana kepada tersangka masing-masing sebesar Rp 60 juta hingga terkumpul Rp 2.280.000.000. Namun hingga batas waktu yang dijanjikan, para calhaj ini tidak juga diberangkatkan. Saat ditanyakan ke biro itu, ternyata juga tidak ada dana yang disetor dari pelaku.(Nar)

BERITA REKOMENDASI