OPD Baru, 61 Jabatan Ini Dipromosikan

MAGELANG (KRjogja.com) – Terkait pembentukan organisasi perangkat daerah (OPD) baru di Kabupaten Magelang, mengajukan 61 jabatan promosi baru untuk pegawainya. Hal itu terungkap dalam rapat panitia khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Magelang, Senin (19/09/2016). Dari 51 OPD baru yang diajukan untuk dibahas di DPRD, memiliki konsekuensi penambahan 61 jabatan baru.

Kepala Bagian Organisasi Pemkab Magelang, AS Widiantara mengatakan, dari 800 pejabat yang ada saat ini akan menjadi 861 pejabat. Terdiri dari Eselon II A satu orang, eselon II B 34 orang, Eselon III A 64 orang, Eselon IIIB (109), Eselon IVA (497) dan Eselon IVB (156).
Untuk diketahui, jumlah OPD baru yang diajukan Pemda Magelang ada 22 dinas, tiga badan, dua sekretariat, satu inspektorat, 21 kecamatan, dua perangkat daerah status quo. "Penyusunan OPD baru ini, berdasarkan beban kerja," ujarnya.

Anggota Pansus OPD DPRD Kabupaten Magelang, Hibatun Wafiroh mengatakan, saat ini masih dilakukan proses pembahasan OPD tersebut sebelum dikonsultasikan ke Gubernur Jawa Tengah. Namun, dia menilai draft yang diajukan Bupati Magelang masih sangat gemuk dan belum mencerminkan semangat efektifitas. Hal ini, baginya justru akan mengurangi porsi belanja publik.

”Semangat OPD baru ini kan harus tepat fungsi dan ukuran, kemudian meningkatkan belanja publik, mengurangi pejabat struktural sesuai semangat Perpres No 81 tahun 2010. Jika semakin banyak pejabat promosi, maka akan menambah beban anggaran belanja pegawai,” jelasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI