OPD Diminta Manfaatkan Website

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo meminta kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memaksimalkan pemanfaatan website atau situs internet untuk mengedukasi masyarakat dengan memberikan informasi secara benar. Media tersebut juga bisa bermanfaat untuk memerangi hoax atau berita menyesatkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Senin (5/3/2018) mengatakan,  seluruh OPD dipastikan sudah memiliki website atau situs internet masing masing. Pemanfaatanya sekarang sudah dirasakan dengan publikasi berkaitan dengan kegiatan masing masing OPD. Meski begitu masih ditemukan beberapa OPD pasif. Hal itu dilihat dari kelambanan OPD dalam memberika perkembangan kegiatan terkini.

Kedepan website resmi OPD dimaksimalkan pemanfaatannya dengan mengedukasi masyarakat. Salah satunya dengan memberikan informasi secara benar dan memerangi hoax. Website bisa diakses oleh masyarakat umum untuk mengetahui perkembangan informasi khususnya di Sukoharjo.

OPD memiliki peran penting membantu Pemkab Sukoharjo mengedukasi masyarakat. Sebab apabila masyarakat terjebak dan terpancing isu hoax maka sangat membahayakan. Tidak hanya kerawanan kerusuhan namun juga perpecahan persatuan dan kerukunan umat beragama.

"Tidak sekedar update berita tentang kegiatan dan program OPD tapi juga website atau situs internet OPD punya tanggungjawab besar mengedukasi masyarakat dan menghindarkan hoax," ujar Agus Santosa.

Pemkab Sukoharjo sudah meminta kepada OPD tertentu untuk langsung mengawal dan melakukan klarifikasi apabila ada berita hoax yang menyesatkan masyarakat. Bentuknya bisa langsung di update melalui website OPD atau juga ke media sosial.

"OPD itu humas punya peran penting soal itu. Ada juga bagian Komunikasi dan Informasi. Mereka harus mengawal setiap informasi diberbagai media termasuk media sosial. Kalau ada berita hoax jangan dibiarkan," lanjutnya.

Peran penting juga dimiliki oleh OPD lain ditingkat bawah yakni desa, kelurahan dan kecamatan. Mereka juga telah memiliki website internet resmi dan dilengkapi dengan fasilitas kelengkapan alat lainnya.

"Desa dan kecamatam juga harus aktif. Manfaatkan website dan alat yang disediakan gratis dari Pemkab Sukoharjo. Jangan biarkan website itu mangkrak atau didiamkan saja. Kelola dengan baik dan edukasi masyarakat dengan berita positif," lanjutnya.

Salah satu hal yang bisa dimanfaatkan desa yakni berkaitan dengan kondisi dan perkembangan. Sebab desa memiliki potensi yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan internet.

Potensi yang dikembangkan tersebut seperti pembentukan BUMDes. Sebab pengelolaan tidak hanya mengandalkan manual saja namun bisa dikembangkan dengan sistem online.

"Misal itu BUMDes mengelola usaha perdagangan barang maka bisa saja dijual dengan cara penjualan online. Desa sudah memiliki website maka manfaatkanlah," lanjutnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI