OPD Faktor Dominan Pemerintahan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi faktor yang sangat dominan untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Bahkan Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Yuli Hastuti SH meminta kepada seluruh OPD untuk meningkatkan kinerjanya, sekaligus mempertahankan WTP yang sudah diraihnya selama lima kali berturut-turut.

"Untuk mempertahankan opini ini harus diikuti peran semua pihak supaya lebih optimal.  Kualitas dan akuntabilitas di masing-masing OPD menjadi faktor yang dominan untuk tetap dapat mempertahankan WTP tiap tahun,” katanya, Senin (4/9).

Dalam rapat dinas gelar pengawasan daerah Kabupaten Purworejo di Gedung Wanita Jend Achmad Yani Purworejo Yuli Hastuti menekankan, rapat dinas gelar pengawasan ini sesungguhnya merupakan bagian integral dari manajemen pemerintah daerah. Pengawasan adalah aspek manajemen yang membantu organisasi untuk lebih meyakinkan dalam mencapai tugas pokok dan fungsinya.

"Pengawasan bukan semata-mata tugas aparat inspektorat, namun menjadi kewajiban seluruh OPD dalam rangka menjamin dan bertanggungjawab atas amanah yang diembannya baik terkait dengan tugas pokok dan fungsi organisasi maupun pelaksanaan APBD,” tegas Yuli Hastuti. (Nar)

BERITA REKOMENDASI