Operasi Keselamatan Candi Tergetkan 8 Sasaran

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Polres Temanggung melakukan gelar pasukan menandai dimulainya Operasi Keselamatan Candi Tahun 2022, di halaman mapolres tersebut, Selasa (01/03/2022). Gelar pasukan dipimpin Wakapolres Kompol Ahmad Ghifar dan diikuti segenap anggota Polri, dan perwakilan dari Dinas Perhubungan, Satpol PP dan TNI. Operasi sendiri digelar mulai 1 – 14 Maret 2022.

Wakapolres Kompol Ahmad Ghifar mengatakan ada delapan sasaran operasi keselamatan yakni, pengendara yang tidak memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI), kendaraan yang melebihi batas kecepatan maksimal, pengendara di bawah umur, pengemudi roda empat yang tidak menggunakan sabuk keselamatan (safety belt).

“Sasaran lainnya adalah pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, pengendara bermain HP saat berkendara, melawan arus lalu lintas serta kendaraan over dimension dan over loading atau melebihi dimensi dan muatan,” kata Ahmad Ghifar.

Disampaikan operasi Keselamatan Candi tahun 2022 merupakan operasi cipta kondisi Kamseltibcarlantas di masa pandemi Covid-19 dengan mengedepankan giat preemtif dan preventif disertai dengan persuasif dan humanis. Dikatakan operasi ini juga digelar dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Harapan, operasi keselamatan tahun 2022 dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta dapat meminimalisir fatalitas kecelakaan yang menyebabkan korban luka dan meninggal dunia. Dia mengingatkan pada petugas Satlantas Polres Temanggung untuk mengendepankan humanisme dalam operasi keselamatan Candi tahun 2022. Sedangkan pada masyarakat untuk taat pada aturan berlalu lintas.

“Operasi untuk keselamatan pengendara pengendara motor dan warga disekitarnya, maka dalam berkendara untuk mentaati aturan berlalu lintas,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI