Operasi Patuh Candi Tekan Angka Laka Lalin

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purworejo selama dua pekan menggelar Operasi Patuh Candi 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas (Lalin), yang sering menimbulkan kecelakaan (Laka).

“Giat Operasi Patuh Candi ini selain program Polri, sekaligus untuk menekan angka Laka Lalin, yang sering terjadi akibat pelanggaran,” kata Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM, Selasa (3/9).

Menurutnya, ada delapan sasaran prioritas dalam Operasi Patuh Candi ini, diantaranya pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, pengendara dibawah umur, melebihi batas kecepatan, mabuk saat berkendaraan, tidak memakai sabuk keselamatan bagi pengemudi, melawan arus lalulintas, menggunakan HP saat berkendara, serta penggunaan lampu rotator/strobo yang tidak semestinya.
Sedang target dari Operasi Patuh Candi ini, 200 penindakan pelanggaran setiap hari.

“Dalam operasi ini 80 persen diutamakan penindakan, dan sisanya  dilakukan secara preemtif,” jelas Indra Kurniawan Mangunsong. Sementara itu kegiatan ini dilakukan secara stasioner  80 persen dan hunting 20 persen.

Dengan adanya operasi ini masyarakat diminta tetap taat dan patuh pada peraturan lalin, tidak hanya pada saat operasi saja. “Ini karena kejadian Laka Lantas seringkali berawal dari pelanggaran,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI